Kesehatan THT

Published on September 18th, 2017 | by khaeruddin

0

Barotrauma

Barotrauma adalah keadaan dengan terjadinya perubahan tekanan yang tiba-tiba di luar telinga tengah sewaktu di pesawat terbang atau menyelam, yang menyebabkan tuba Eustachius  gagal untuk membuka.

Apabila perbedaan tekanan melebihi 90cmHg, maka otot yang normal aktivitasnya tidak mampu membuka tuba. Pada keadaan ini terjadi tekanan negatif di rongga telinga tengah sehingga cairan keluar dari pembuluh darah kapiler mukosa dan kadang-kadang disertai dengan ruftur pembuluh darah  sehingga cairan di telinga tengah dan rongaa mastoid tercampur darah.

Keluhan

  1. Pendengaran berkurang
  2. Rasa nyeri dalam telinga
  3. Perasaan ada air dalam telinga
  4. Kadang disertai Tinitus dan Vertigo

Pengobatan

Pengobatan biasanya konservatif dengan pemberian dekongestan lokal atau dengan prasat valsava selama tidak terjadi infeksi di jalan napas atas. Apabila cairan atau cairan yang bercampur darah menetap di telinga tengah sampai beberapa minggu, maka dianjurkan untuk tindakan miringotomi dan bila diperlukan dilakukan pemasangan pipa ventilasi (Grommet)

Pencegahan

 Usaha preventif terhadap barotrauma dapat dilakukan dengan selalu mengunyah permen karet atau melakukan perasat Valsalva terutama sewaktu pesawat terbang mulai turun untuk mendarat.

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

UA-88795366-1