Kesehatan THT

Published on May 9th, 2016 | by khaeruddin

0

Cara terbaik membersihkan kotoran telinga yang mengeras

Telinga sebagai salah satu panca indera sangat sering kita lupakan, mestinya telinga menjadi bagian yang rutin untuk dibersihkan.

Tetapi banyak diantara kita melakukan pembersihan tengah yang salah sehingga membuat kotoran telinga jadi terdorong lebih jauh kedalam dan menjadi kotoran telinga yang mengeras.

Secara umum kotoran telinga seperti gumpalan yang lunak. Pada sebagian gumpalan ini berupa kotoran telinga keras, sehingga menjadi kotoran telinga bisa menumpuk dan menyumbat.

Kotoran telinga merupakan produk alami kelenjar pada telinga bagian luar dimana berfungsi sebagai pelindung telinga. Menjaga telinga dari debu atau kotoran dari luar

Pada keadaan normal kadar kotoran telinga mestinya tidak menyebabkan gangguan

Kotoran telinga menjadi penyebab sakit dan gangguan pendengaran bila produksi menjadi menjadi banyak

Hati-hati membersihkan kotoran telinga dengan Cotton Bud :

Sering kali membersihkan kotoran telinga dengan cara memasukkan lidi dengan kapas, kertas, jepitan rambut atau dengan Cotton Bud jutsru bisa menjadi resiko luka, infrksi pada liang telinga atau gendanng telinga. Harapan kotoran telinga keluar justru malah terdorong lebih kedalam dan menjadi kotoran telinga keras, kotoran telinga menumpuk dan menyumbat.

Bahaya Ear Candle

Ear candle biasanya dilakukan pada salon-salon kecantikan sebagai cara membersihkan kotoran telinga tetapi sangat beresiko seperti telinga rasa terbakar, infeksi, telinga rasa bengkak dan tersumbat selain itu ear candle juga belum terbukti efeketif mengatasi gangguan kotoran telinga.

Apa yang semestiya anda lakukan?

  • Melunakkan kotoran telinga yang keras bisa dengan obat tetes telinga seperti Forumen atau bisa juga dengan baby Oil. Kotoran telinga anak ada baik diberi obat tetes pelunak kotoran telinga agar lebih mudah dibersihkan
  • Bila telinga nyeri, telinga sedang berair atau riwayat keluar cairan dari telinga, riwayat operasi telinga sebelumnya ada baiknya menghindari pemberian pelunak kotoran telinga sebelum konsultasi dengan dokter spesialis THT
  • Gangguan pada membran tympani atau gendang telinga baiknya dilakukan pembersihan kototran telinga dengan bantaun dokter THT.

Dokter spesialis THT membantu mengeluarkan kotoran telinga dengan bantuan serumen hoek, serumen spoon atau dengan spooling  bantuan air hangat agar kotoran telinga keluar dan telinga menjadi lebih bersih dan nyaman.

Ada baiknya bila telinga terasa nyeri, gatal, rasa tersumbat, telinga berair ada baiknya konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter spesialis tht.

 

Tags: , , , , , , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

UA-88795366-1