Kesehatan THT

Published on April 3rd, 2019 | by khaeruddin

0

Hati-hati membersihkan kotoran telinga

Salam sehat..

Bukan hal yang biasa dalam keseharian kita sering berniat untuk membersihkan telinga tetapi justru berakibat fatal pada fungsi pendengaran dan Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada negara dengan penghasilan menegah ke atas ada lebih dari 43 juta orang diumur 12 sampai 35 tahun, hidup dengan gangguan pendengaran.

pada kesempatan ini saya akan sharing 5 kesalahan dalam membersihkan telinga :

1. Membersihkan telinga setiap hari

Seolah ada yang kurang baik bila hari ini belum bersihkan telinga? hal ini mungkin anda rasakan. Ketahuilah bahwa telinga memiliki mekanisme sendiri sehingga anda tidak perlu membersihkan telinga setiap hari. Telinga memilki mekanisme diri sendiri secara alami.

Kotoran telinga atau yang dikenal dengan istilah ” Serumen” secara alami berfungsi sebagai pelindung kulit liang telinga, lotion kulit alami, membunuh berbagai jenis bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur ada liang telinga.

2. Kebiasaan menggunakan Cotton buds

Hati-hati menggunakan cotton buds atau gulungan kapas dengan maksud membersihkan kotoran telinga anda . selain karena kotoran telinga anda bukannya keluar dan menjadi bersih akan tetapi malah anda mendorong
kotoran menjadi lebih dalam. Selain itu kerusakan gendang telinga akibat trauma karena sering dikorek menjadi hal yang perlu anda ketahui.

3. Memakai alat yang tajam

Membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan alat yang tajam seperti peniti, penjepit rambut, tusuk gigi, kuku jari atau dengan kunci kendaraan bisa jadi sering anda gunakan. pemakaian alat tajam ini sangat
beresiko justru melukai liang telinga sampai gendang telinga dan akibatnya anda akan mengalami gangguan pendengaran bahkan ketulian.

4. Terapi lilin

Terapi lilin untuk membersihkan kotoran telinga sempat sangat popular. apakah anda pernah menggunakannya juga? hati-hati!. Lilin yang dipanaskan dan diletakkan diliang telinga diklaim seperti vakum yang akan menyedot kotoran telinga justru akan berfek fatal akibat terjadinya peningkatan tekanan pada liang telinga sampai ke gendang telinga yang justru akan menjadikan gendang telinga anda mejadi perforasi atau pecah.

Tags: , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑

UA-88795366-1